Home > Gangguan Mulut > Infeksi Mulut Oral Candidiasis

Infeksi Mulut Oral Candidiasis

January 26th, 2011 Leave a comment Go to comments

Oral candidiasis atau dikenal dengan sariawan adalah infeksi mulut yang disebabkan oleh ragi atau jamur Candida pada selaput lendir di mulut. Gejala dari oral candidiasis ini adalah munculnya bintik kuning, putih atau krem di dalam mulut dan lidah. Di bawah keputihan tersebut, terdapat jaringan merah yang dapat berdarah dengan mudah. Penyakit mulut ini berisiko terjadi pada bayi yang baru lahir, seseorang yang menggunakan gigi palsu, penderita diabetes,pengguna narkoba, dan seseorang dengan defisiensi imun, seperti pengidap HIV/AIDS.

Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah (misalnya terjangkit HIV-positif atau dalam proses pegobatan dengan kemoterapi), Candida dapat menyebar ke seluruh tubuh, menyebabkan infeksi di kerongkongan, otak, jantung, sendi dan juga mata. Oral candidiasis bisa membuat mulut menjadi sangat sensitif, sehingga tidak mungkin untuk melakukan kebersihan mulut secara teratur. Gunakan sikat gigi yang sangat lembut dan obat kumur yang mengandung antiseptik untuk menghilangkan bakteri mulut.

Oral candidiasis dapat diobati dengan obat topikal anti-jamur, seperti nistatin, miconazole, violet gentian atau terapi amfoterisin B. Minum antibiotik, yogurt atau kapsul acidophilus dapat membantu untuk menghilangkannya. Jika infeksi telah menyebar ke seluruh tubuh atau Anda mengidap HIV/AIDS, sangat dianjurkan untuk menggunakan obat yang mengandung flukonazol (Diflucan) dan ketoconazole (Nizoral).

Sedangkan oral candidiasis pada bayi kadang tidak memerlukan pengobatan sama sekali, karena biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu.

Untuk mencegah sariawan yang Anda derita semakin memburuk, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter ketika :

  • Bayi Anda memiliki gejala sariawan selama kurang lebih 2 minggu ataupun ketika bayi Anda menjadi susah makan atau menangis ketika diberi makan.
  • Anda merasakan sakit atau kesulitan saat menelan makanan.
  • Anda memiliki gejala sariawan dan Anda penderita HIV-positif, dalam proses kemoterapi, atau sedang mengkonsumsi obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain dengan menghubungi dokter Anda juga bisa melakukan hal berikut untuk mencegah oral candidiasis muncul :

  • Gunakanlah obat kumur yang mengandung anti septik dan jamur secara teratur.
  • Mencegah penyebaran infeksi HIV, dengan melakukan seks yang aman, berhati-hati ketika melakukan donor darah, dsb.
  • Pada bayi, Anda dapat mencegahnya dengan memberikan obat ati jamur dan selalu mensterilkan dot ketika aka digunakan.
  1. anihssya
    April 2nd, 2012 at 22:36 | #1

    salam kenal,
    saya mempunyai masalah dengan lidah saya, lidah saya terlihat seperti banya lapisan putih yang dapat di bersihkan dengan pembersih lidah. tetapi setelah beberapa jam kemudian warna putih itu kembali lagi. dan setiap kali selesai menyikat gigi, air liur terasa berlendir, mengental dan pahit. dan di ujung lidah bagian dalam terlihat benjolan merah kecil-kecil yang tumbuh.
    saya kira, itu karena pengaruh dari gigi yang kotor atau tidak sehat, tetapi setelah saya lihat tidak ada masalah dengan gigi saya. gigi saya sehat, tidak berkarang maupun tidak berlubang.

    bagaimanakah solusinya?

    terimakasih

  1. No trackbacks yet.