Home > Gangguan Mulut > Pengaruh Narkoba Terhadap Kesehatan Mulut

Pengaruh Narkoba Terhadap Kesehatan Mulut

Narkoba tentu bukan istilah yang asing di telingan anda. Semua orang paham benar akibat dari penggunaan obat-obat terlarang ini. Hal ini bisa dibuktikan ketika seseorang kita tanya tentang narkoba, rata-rata dapat menjawab dan menjelaskan bahaya dari narkoba ini. Tentu kesadaran masyarakat terhadap bahaya pemakaian narkoba saat ini semakin baik. Narkoba juga telah terbukti membuat kerusakan baik kerusakan moral maupun fisik si pemakai.

Pemakai narkoba biasanya memiliki perilaku menyimpang di luar akal sehat. Memiliki bau mulut yang busuk dan memiliki aroma badan yang tidak sedap serta terkesan kumal serta linglung. Di lihat dari perspektif manapun bahaya narkoba sangat berpengaruh terhadap organ tubuh pemakainya. Salah satunya yakni sangat mengganggu kesehatan mulut dan gigi.

Diantara dampak pemakaian narkoba secara umum meliputi:

  1. Depresan Depresan ini merupakan gejala awal ketika seorang sudah mulai kecanduhan narkoba. Pemakai akan tertidur atau tidak sadarkan diri. Jika terus dibiarkan akan membuat gila.
  2. Halusinogen Pemakai narkoba yang sedang berhalusinasi. Biasanya akan mudah emosi dan mudah terpengaruh oleh keadaan sekitar.
  3. Stimulan Narkoba akan membuat organ jantung bekerja dalam batas normal, sehingga kelihatan lebih bertenaga padahal tidak. Hal ini akan menyebabkan kerusakan syaraf secara permanent dan bisa mengakibatkan kematian.
  4. Adiktif Pemakai akan merasa kecanduan sehingga akan melakukan segala cara agar terus bisa mengonsumsinya. Jika hal ini terus terjadi maka pemakai akan mudah kritis dan sakaw.

Terlepas dari 4 bahaya secara umum diatas, narkoba jenis apapun sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya sangat berbahaya bagi kesehatan mulut dan gigi. Mengapa bisa demikian? Dampak narkoba terhadap kesehatan mulut sebenarnya langsung bisa dirasakan oleh pemakainya, membuat mulut jadi berbau. hal ini karena zat-zat yang ada didalam narkoba.

Narkoba juga berdampak terhadap kesehatan gigi dan bisa merusak gigi. hal ini karena narkoba mempunyai efek stimulus pada jantung dan pembuluh darah atau dengan kata lain narkoba akan memaksa jatung dan pembuluh darah akan bergerak lebih cepat dan konsekwensinya jantung dan pembuluh darah memerlukan calsium lebih banyak. Lalu kebutuhan calsium itu diambil pada tulang dan gigi. hal ini karena jumlah calsium dalam tubuh yang terbanyak terdapat dalam tulang dan gigi sedang sisanya hanya yang terdapat dalam tubuh yang lain.

Apabila tubuh (selain tulang dan gigi) kekurangan calsium maka kelenjar tubuh akan memerintahkan calsium yang ada di tulang dan gigi untuk masuk dalam system peredaran darah. Karena calsium yang ada di tulang dan gigi diambil terus menerus maka makin lama tulang dan gigi akan keropos. Dan akan membuat gigi cepat ompong. Begitulah alur singkatnya. Begitulah gambaran tentang pengaruh narkoba terhadap kesehatan mulut secara sederhana.

Selain dampak diatas, ada akibat lain dari pemakaian narkoba (narkotika dan obat/bahan yang berbahaya ) terhadap kesehatan mulut dan gigi diantaranya:

  1. Membuat email gigi mudah ompong karena kurang kalsium
  2. Mempermudah terjadinya karang gigi karena terlalu banyak zat kimia yang masuk
  3. Mengurangi kepekaan lidah terhadap makanan.
  4. Menimbulkan bauk mulut yang busuk seperti bangkai ketika seorang pemakai bangun tidur.

Begitulah pemaparan pengaruh narkoba terhadap kesehatan mulut secara singkat. Yang pada intinya apapun jenis narkoba tidak baik buat kesehatan dan berdampak jangka panjang terhadap anda. Jadi berani jangan coba-coba.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.