Home > Masalah Gigi > Umur Dan Masalah Gigi

Umur Dan Masalah Gigi

Setiap umur memiliki masalah gigi yang bermacam-macam dan patut diwaspadai. Perbedaan permasalahan tersebut secara umum dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan umur manusia, yaitu:

  1. Umur anak-anak (0 tahun hingga 12 tahun). Pada balita (bayi dibawah umur lima tahun) hingga anak-anak menjelang remaja yaitu kurang lebih anak usia Sekolah Dasar dikaruniai gigi susu. Masalah yang sering terjadi adalah kerusakan gigi yang cepat akibat konsumsi makanan manis seperti gula-gula, permen, maupun coklat. Gigi susu menjadi berlubang dan kecoklatan seperti karat gigi. Perawatan gigi susu yang baik akan membuat pertumbuhan gigi dewasa menjadi baik dan teratur. Sejak dini, sebaiknya anak-anak sudah dilatih untuk rajin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari serta berikan pengertian kepada anak-anak bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat penting.
  2. Umur Remaja (12 tahun hingga 60 tahun). Gigi remaja yang baik terlihat pada warna, susunan dan bentuk gigi yang berganti dari gigi susu. Gigi yang sehat terlihat putih dengan susunan rapat dan rapi serta bentuk yang seimbang serta beraturan. Akibat gigi susu yang tumbuh kurang baik, terkadang gigi dewasa yang digantikan mengikuti susunan gigi susu, bisa tumbuh jarang-jarang, bertumpuk dan warna kurang jernih. Gigi dewasa apabila kurang terawat akan mudah sakit gigi dan timbul beberapa permasalahan gigi yang sangat mengganggu bagi penderita, seperti gigi berlubang, gusi bengkak dan gusi berdarah.
  3. Umur Lansia (60 tahun ke atas). Sementara masalah gigi di usia lanjut adalah gigi mudah tanggal dan mulut kering. Apabila sejak umur remaja, gigi kurang mendapat perawatan, di usia lanjut biasanya akan sangat terasa masalah gigi yang berimbas pada kesehatan umum. Gigi yang kurang terawat akan cepat tanggal dan kondisi rongga mulut mudah kering, akibatnya penurunan nafsu makan terjadi. Kurang asupan nutrisi pada usia lanjut akan memudahkan terserang penyakit lain. Karena itu, kesehatan gigi yang dijaga sejak dini merupakan investasi yang sangat berharga di usia lanjut.
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.